Thursday, November 22, 2007

3 Ksatria Graz (Bagian II - Evolusi...)


Pertama datang ke Graz, Oktober tahun lalu, saya sudah dikenalkan dengan teman-teman yang sama-sama berjuang melalui sekolah di kota ini. Demikian juga dengan teman sepermainan hobi main gamelan. Tidak terasa satu per satu teman dekat ini meninggalkan kota Graz kembali ke tanah air. Padahal saya baru mulai belajar mengenal dan berusaha menjadi teman yang baik...

Tahun ini, genap 3 temen baik saya sudah menyelesaikan study sebagai Doktor: mas Aswandy (bulan Maret), mas Suyitno (bulan September) dan Sendy (bulan Oktober). Ucapan selamat serasa tidak cukup untuk mereka bertiga. Mereka tidak hanya mumpuni secara keilmuan tapi juga menjadi teman yang memiliki pribadi yang sangat hangat. Saya tidak pernah merasa sendiri, walaupun komunitas kami sangat kecil. Dan saya pribadi menilai, inilah sebenarnya yang diinginkan oleh semua orang (Cita-cita Puncak - Ultimate Goal) di dunia, berpendidikan tinggi berbanding lurus dengan pribadi yang baik.

Tanpa kehilangan keunikan dalam diri masing-masing, ketiga teman saya ini mampu dengan baik berbaur tapi memberi warna yang beragam dalam persahabatan kami. Saya tidak malu-malu untuk mengatakan, mereka adalah pantas untuk dijadikan contoh dalam kapasitas tertentu. Saya melihat dengan seringnya interaksi, komunikasi, curhat bahkan semangat saling memberi di masa lalu mereka, kristalisasi pribadi yang baik akan terbentuk. Dan hal inilah yang menjadikan persahabatan menjadi langgeng, saling menghargai dan menghormati keunikan pribadi teman kita.

No comments: